+ 0821 3834 7789 Senin-Minggu: 09:00 AM - 23:00 PM

Cara Diet Sehat dengan Madu untuk Menurunkan Berat Badan

Pertanyaan : Madu Al Khaf merupakan madu yang asli dan murni, konon madu tersebut bisa menurunkan berat Badan. Apakah benar dan bagaimana cara memanfaatkan madu asli tersebut ? Terima Kasih

Penanya : Sri Rahayu Woro Wigati~Magelang

Jawaban :

Cara Diet Sehat dengan Madu untuk Menurunkan Berat Badan. Memiliki berat badan yang ideal adalah impian banyak orang, khususnya kaum wanita. Sehingga banyak sekali orang-orang yang mencari bagaimana cara diet yang cepat. Namun, karena ingin menurunkan berat dengan cepat banyak orang yang mengabaikan kesehatan mereka. Mulai dari melakukan diet yang ketat, konsumsi obat, dan sebagainya.

diet Madu

Alhasil bukannya mendapatkan tubuh yang ideal melainkan merasakan efek sampingnya saja. Misalnya sakit, kurang gizi, tubuh yang lemas dan sebagainya. Padahal ada banyak sekali tips dan cara diet sehat yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan mengkombinasikan madu dengan bahan herbal seperti kayu manis, lemon, dan lain-lain.

Madu dinilai sebagai salah satu pemanis tertua dan alami, jauh sebelum gula populer. Kandungannya yang kaya nutrisi membuat madu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bahkan, madu juga dianggap sebagai salah satu bahan terbaik untuk menurunkan berat badan, karena madu dapat membantu mengurangi dan membakar lemak tanpa efek samping.

Berdasarkan Journal of American College of Nutrition, madu bebas dari lemak, kolesterol, dan sodium, menjadikannya makanan penurun berat badan yang cocok diaplikasikan dalam beberapa cara. Walau digunakan sebagai alternatif gula, tak seperti gula rafinasi, madu mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Alih-alih menambah lemak dan kalori, madu menyeimbangkan jumlah gula dan membantu menurunkan berat badan.

Hormon penting pada madu membantu menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan.  Kandungan mineral dalam madu juga tak hanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tapi juga mencegah kenaikan berat badan.

Tips dan Cara Diet Sehat dengan Madu

Mengkonsumsi satu sendok makan madu setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Sehingga madu dapat membantu untuk mengontrol berat badan dan mengendalikan nafsu makan Anda. Untuk Anda yang ingin menggunakan madu sebagai salah satu cara diet alami, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

madu menguruskan badan

1. Madu dan Kayu Manis

Kayu manis memiliki kemampuan untuk membantu mengontrol gula darah. Sedangkan madu memiliki kandungan gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa. Cara mengkonsumsinya sangat mudah,  Kita hanya perlu menambahkan 1 sendok teh kayu manis dalam 250 ml air dan biarkan mendidih selama 5 menit.

Setelah itu, kita perlu menunggu selama 10 menit sampai campuran cukup dingin, lalu tambahkan 2 sendok teh madu. Pastikan campuran dalam keadaan hangat atau bisa juga udah dingin, karena kalau air terlalu panas akan mengurangi efek dari madu.

Pastikan kita mengonsumsi ramuan madu dan kayu manis ini di pagi hari, segera setelah bangun saat perut dalam keadaan masih kosong. Kita juga bisa meminumnya di tengah hari atau sebelum makan malam.

2. Cara Diet dengan Madu dan Lemon

Madu memiliki kandungan asam amino, vitamin, serta mineral yang baik untuk metabolisme tubuh. Jika metabolisme bekerja dengan baik, maka makanan yang Anda konsumsi akan diubah menjadi energi untuk tubuh Anda. Agar tidak eneg, Anda bisa mencampurkan madu dan juga perasan lemon ke dalam satu gelas air hangat. Minumlah saat pagi hari sebelum Anda beraktivitas.

"Di India, banyak orang memulai hari mereka dengan secangkir air hangat yang dicampur dengan madu dan air jeruk lemon untuk menurunkan berat badan. Sekarang, madu dan lemon sama-sama populer karena banyak manfaat sehatnya.

Madu adalah sumber antioksidan dan flavonoid yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu memiliki indeks glikemik rendah, dan karenanya, tidak menambah kalori. "Sementara jeruk lemon merupakan sumber yang sangat kaya vitamin C dan bekerja sebagai agen detoksifikasi. Serabut pektin dalam lemon memperlambat pencernaan gula dan pati, dan meningkatkan kesehatan usus," ungkap Dr. Sapna V Roshini, Dermatolog, Cocoona Center of Aesthetic Transformation.

Selain lemon, madu juga bisa dipadukan dengan kayu manis. Caranya, campurkan satu sendok teh madu dan satu perempat sendok teh kayu manis bubuk dalam satu gelas air. Minumlah setiap hari sebelum sarapan dan sebelum tidur. Ahli Nutrisi dan Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora mengatakan, "Madu mentah adalah pengganti terbaik gula. Sangat baik jika dikombinasikan dengan kayu manis karena keduanya saling melengkapi.

Campuran itu bisa mengontrol lonjakan gula dengan mengurangi trigliserida atau lemak darah dan juga pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Baik madu dan kayu manis adalah anti-inflamasi. Keduanya membantu memerangi alergi dan meningkatkan sistem kekebalan Anda."

3. Mengganti Gula dengan Madu

Salah satu penyebab berat badan naik adalah konsumsi gula yang berlebihan. Karena gula akan mempercepat penambahan lemak pada tubuh. Anda dapat mengganti penggunaan gula dengan madu. Penggunaan madu dapat membantu untuk menurunkan risiko kenaikan berat badan yang berlebih.

Anda bisa mencampurkan madu pada makanan atau minuman yang memerlukan rasa manis. Contohnya seperti teh, oatmeal, sandwich, dan sebagainya.

madu untuk diet

Nah itulah tadi beberapa cara diet dengan madu yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan. Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal gunakan madu asli seperti Madu Al Khaf, Madu Al Khaf terbukti keasliannya dan sudah di uji di laboratorium Dinkes Kab. Banyumas. Semoga dapat bermanfaat.

Hubungi Kami

Lokasi:

UD. MAKMUR MANDIRI
Jln.Pekih no.290
Purwokerto Jateng 53115

Jam Buka:

Senin-Minggu:
09:00 AM - 22:00 PM

Email:

admin@madu-murni.com
s4rtika@yahoo.co.id

Call:

0821-3834-7789 (WA/Telegram)
+0281-640860 (Kantor)