+ 0821 3834 7789 Senin-Minggu: 09:00 AM - 23:00 PM

Inilah Cara Ampuh Meredakan Batuk dengan Madu Murni

Pertanyaan :

Bunda, mau tanya ? bagaimana memanfaatkan madu untuk meredakan batuk ? Soalnya selama ini saya memakai obat beli dari Apotik yang makin lama dosisnya makin tinggi dan sembuhnya makin lama. Mohon solusinya karena takut ketergantungan obat, terima kasih Bunda

Penanya : Ibu Nadia K ~ Semarang

Jawaban :

Ibu Nadia, Kalau ibu terserang penyakit batuk, sebelum mengonsumsi obat antibiotik lebih baik coba madu terlebih dahulu untuk meredakannya. Hal tersebut sudah di lakukan oleh orang orang tua kita jaman dahulu sekaigus berdasarkan penelilitian para ahli, minum madu untuk mengurangi ketergantungan terhadap obat antibiotik.

Batuk merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan lendir, zat iritatif, kotoran, dan kuman melalui mulut atau hidung. Tujuannya adalah untuk membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan. Batuk bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak

Seperti diketahui pemakaian obat antibiotik yang sembarangan jadi penyebab kuman-kuman penyakit kini semakin kebal. Padahal sebagian besar kasus batuk sebetulnya dapat reda sendiri dalam beberapa hari sehingga tidak perlu obat-obatan.

Untuk mengobati batuk dengan madu, campurkan 2 sendok makan madu murni seperti “madu Al Khaf” dengan air hangat ke agak panas atau teh herbal, bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Minumlah campuran ini sekali atau dua kali sehari, ketika mau tidur dan bangun pagi dalam keadaan perut kosong belum di isi apapun.

Madu bekerja dengan cara melapisi membran mukosa yang meradang dan menenangkan bagian belakang tenggorokan. Sedangkan rasa manisnya mampu mengurangi dahak sehingga keinginan batuk juga mereda. Selain itu, madu juga dapat membantu mengencerkan dahak. Itulah alasan mengapa madu dianggap sebagai obat batuk alami yang efektif

Madu disarankan untuk batuk karena memiliki sifat antimikroba alami dan bisa melapisi tenggorokan. Hal ini akan memicu mekanisme menelan dan mengurangi rasa gatal. Air hangat dicampur madu dengan lemon atau jahe bisa jadi obat rumahan yang efektif untuk batuk.

Namun kalau sudah beberapa hari batuk tidak juga reda, segera berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi batuk itu gejala penyakit lain. Awalnya memang dengan madu, lambat sembuhnya dalam mengobati batuk perlu bantuan obat kimia, namun kalau kita rutinkan jika batuk cukup memakai madu lama lama daya tahan menguat dan apabila sakit batuk cukup dengan madu asli dan Insya Allah tidak perlu lagi bantuan obat kimia.

Jadi Ibu Nadia, saran kami gunakan madu murni karena madu merupakan bahan alami yang sangat murah, cukup aman, memiliki efek meringankan batuk, dan juga bisa sebagai antioksidan, meningkatkan pelepasan sitokin (protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas), yang hasilnya adalah efek anti-mikroba.

Hubungi Kami

Lokasi:

UD. MAKMUR MANDIRI
Jln.Pekih no.290
Purwokerto Jateng 53115

Jam Buka:

Senin-Minggu:
09:00 AM - 22:00 PM

Email:

admin@madu-murni.com
s4rtika@yahoo.co.id

Call:

0821-3834-7789 (WA/Telegram)
+0281-640860 (Kantor)